07 Juli 2012

TUGAS : ARTIKEL Disusun Guna Memenuhi Tugas Perkuliahan Mata Kuliah Kurikulum BK di SD Dosen Pengampu : Dra.Sri Yanti, Kons.
Disusun oleh : Fitri Yosvita Kelas : VIII/i NPM : 05110063
MENJADI GURU YANG MENYENANGKAN
Kualitas pendidikan tidak hanya ditentukan oleh sistem pendidikan, tetapi juga oleh faktor pendidiknya, dalam hal ini guru. untuk itu perlu disikapi tentang bagaimana sebenarnya guru yang baik itu. Guru yang baik, harus menyadari dan memahami pentingnya pendidikan. Berorientasi yang benar serta menguasai metode dan mengenali ruang lingkup pendidikan. dan tentu saja senantiasa menambah ilmu dan menghargai waktu serta selalu mengedepankan pesan moral dan akhlak.
GURU YANG MENYENANGKAN
Menyenangkan atau membuat suasana belajar dalam keadaan gembira bukan berarti menciptakan suasana ribut-ribut dan hura-hura. Kegembiraan di sini berarti bangkitnya minat, adanya keterlibatan penuh, serta terciptanya makna, pemahaman (penguasaan atas materi yang dipelajari), dan nilai yang membahagiakan pada diri anak. Itu semua adalah kegembiraan yang akan melahirkan sesuatu yang baru.
Ada beberapa komponen pembangun suasana yang menyenangkan
Bangkitnya Minat : Dalam kamus besar bahasa Indonesia, minat diartikan sebagai kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Jadi sangatlah jelas bahwa siswa menjadi gembira lantaran didalam dirinya memang ada keinginan untuk mengetahui atau mempelajari suatu materi. Apabila didalam diri seseorang tidak muncul gairah untuk belajar tentang hal-hal yang akan diajarkan, maka di dalam lingkungan belajar mengajar itu agak sulit dikatakan ada kegembiraan
Adanya keterlibatan penuh siswa dalam mempelajari sesuatu: Dalam hal ini proses pembelajaran akan berjalan dengan baik apabila ada keterlibatan penuh antara siswa dengan materi yang diajarkan
Terciptanya Makna : Kata yang dekat dan mudah kita pahami berkaitan dengan makna adalah timbulnya sesuatu yang memang mengesankan. sesuatu yang mengesankan biasanya dapat menghadirkan makan. Jadi pelajaran akan menimbulkan kesan bila ada suasana yang segar dan ceria.
Paham akan Materi yang diajarkan: Apabila minat siswa dapat ditumbuhkan ketika mempelajari sesuatu, kemudian siswa tersebut akan terlibat aktif dan penuh dalam membahas materi-materi yang dipelajarinya yang pada akhirnya terkesan dengan materi tersebut, maka pemahaman didapat secara sangat kuat. Rasa ingin tahu untuk menguasai materi pelajaran akan tumbuh secara maksimal apabila siswa berminat, terlibat dan terkesan
Nilai Yang Membahagiakan atau Menyenangkan : Bahagia menurut bahasa artinya perasaan senang dan tentram. Berkaitan dengan belajar, bahagia adalah keadaan yang bebas dari tekanan, ketakutan dan ancaman. Rasa bahagia yang dapat muncul di dalam diri siswa bisa terjadi karena dia merasa mendapatkan makna ketika mempelajari sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi komentar dengan sopan dan santun